Mengenai Pembengkakan Kelenjar Getah Bening (PKGB) itu sendiri sudah saya bahas cukup panjang lebar beberapa waktu yang lalu, dengan judul "Waspadai Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Bisa Berubah Menjadi Kanker Stadium 4" dan untuk kali ini saya akan lebih fokus dari pengalaman yang saya peroleh dari keseharian dan untuk menjawab keluhan para pembaca karena pada posting terdahulu sudah terlalu panjang, sehingga ada beberapa komentar yang tidak sempat saya respon.

PKGB bukanlah sebuah penyakit melainkan suatu pembengkakan kelenjar yang merupakan manifestasi dari adanya infeksi atau peradangan pada salah satu organ tubuh kita.


PKGB sebenarnya tidak terlalu harus dipermasalahkan, karena PKGB bisa sembuh dengan sendirinya, namun yang perlu dimasalahkan adalah akar penyebab dari terjadinya PKGB itu sendiri.

Dan kalau penyebab PKGB sudah diketahui dan segera teratasi, maka, InsyaAllah PKGB itu sendiri akan sembuh dengan sendirinya.

Kecuali kalau, akar penyebab dari PKGB itu tidak segera diketemukan dan segera diatasi, maka PKGB sulit untuk normal atau tersembuhkan.

Atau, jika PKGB nya sudah berubah menjadi kanker seperti yang telah dibahas pada "waspadai PGKB", persoalannya menjadi lain. Menjadi lebih rumit dan sangat sulit teratasi. Dan kalau bisa tersembuhkan, merupakan sebuah anugrah dari Allah Subhanahu wa ta'ala yang luar biasa.

Dalam hal ini, tidak sedikitpun bermaksud untuk menakut-nakuti, hanya agar menjadi "early warning"  untuk kita semua agar senantiasa berhati-hati dan bijaksana dalam menghadapi masalah, jangan sampai kita mencari solusi malah menambah masalah.


Kata-kata bijak: "kematian adalah takdir sedangkan cara, bagaimana dan dimana mati adalah nasib."


Mengutip kata-kata bijak tersebut, agar kita senantiasa menikmati hidup dengan sehat, bukan dalam penderitaan yang berkepanjangan.

Penyakit kanker menjadi salah satu penyakit yang paling menyiksa  baik secara fisik maupun bathin. Dan PKGB bisa menjadi titik awal terjadinya tumor ganas apabila kita salah menanganinya.

3 comments:

  1. Penyakit kanker menjadi salah satu penyakit yang paling menyiksa baik secara fisik maupun bathin. Dan PKGB bisa menjadi titik awal terjadinya tumor ganas apabila kita salah menanganinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata-kata bijak: "kematian adalah takdir sedangkan cara, bagaimana dan dimana mati adalah nasib."

      Delete
  2. Mengutip kata-kata bijak tersebut, agar kita senantiasa menikm

    ReplyDelete

Subscribe to: Post Comments (Atom)
Subscribe